Senin, 25 Agustus 2008

Buat Promosi Yang Unik & Menarik Yuukss..

“Paket Untung.. Paket Untung.. Penjualnya dapat.. Pembelinya pun dapat.. !”

Riuh jauh kudengar dari sebuah toko tempat aku berdiri. Tak hanya aku, hampir semua orang memalingkan pandangan untuk mencari dan melihat sumber keramaian itu. Terlihat dari ujung jalan, beberapa orang berpakaian hijau kuning nan nyentrik (sebut saja “Kelompok Hijau Kuning”), berjalan berkeliling sambil beberapa orang membawa dan memainkan alat musik berupa genderang dan kerincingan, dan seorang wanita cantik nan genit sebagai MC-nya. Sembari mengelilingi area pertokoan handphone, terkadang sesekali mereka “show off”, di area yang terlihat agak kosong, mengajak para pengunjung di sekitarnya untuk berjoget dan ber”quiz” ria bersamanya. Meriah, heboh, lucu.. ya itulah kesan yang kurasakan.

Apa yang kulihat saat itu adalah suatu bentuk promosi untuk menarik pelanggan, merefresh pelanggan atas brand image produknya atau sekedar menghibur pelanggan. Yah.. tapi apapun alasannya, tentu ada keuntungan yang dinikmati oleh pelanggan, baik pelanggan besar maupun eceran. Setiap toko yang dilewati “Kelompok Hijau Kuning” itu dan didapati adanya poster produk yang tertempel di dinding, maka toko mendapatkan hadiah berupa voucher Rp50 ribu. Begitu pula dengan customer toko handphone yang dilewati dan kedapatan sedang membeli produk tersebut, juga mendapatkan hadiah langsung berupa voucher Rp50 ribu. Yah.. sesuai dengan tema produk tersebut yang sering kita dengar dan lihat di media elektronik maupun cetak (“…., Paket Untung… Bonus Talktime 50%, Bla..bla..“, tidak perlu disebutkan nama produknya ya.. nanti dikira promosi.. ).

Walaupun nilai hadiah yang diberikan tidak terlalu besar, namun cara promosi seperti ini tentu akan berdampak positif di mata konsumen. Setidaknya konsumen akan teringat kejadian yang dilihatnya saat itu. Dan positifnya, bagi orang-orang yang saat itu belum menjadi pelanggan, kemudian dengan adanya promosi unik yang dilihatnya, mereka akan mulai mencari tahu tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki produk tersebut dibandingkan produk lainnya. Kesempatan..!! ya itulah kesempatan yang diharapkan perusahaan yang melakukan promosi tersebut untuk menarik pelanggan baru. Kesempatan lainnya, bagi para pelanggan yang sudah menggunakan produk tersebut, maka promosi yang dilakukan akan menjadi “reminder” atas produk, dan mungkin saja mereka akan menceritakan pengalamannya ke teman-teman yang belum menggunakan produk tersebut.

Promosi… Mmhh.. ya promosi sangatlah penting artinya bagi setiap penjual atau perusahaan yang hendak memasarkan produknya. Coba bayangkan, apabila kita punya produk untuk dijual, tapi kita hanya duduk menunggu pelanggan datang untuk membelinya. Kalau kata Tarzan (pelawak Srimulat itu lho), “Suatu Hal Yang Mustahal” kali ya…. Hehe…

Beberapa kunci keberhasilan sebuah promosi sebagai berikut :

1. Promosi yang dilakukan harus dapat dilihat dan ditemui khalayak ramai. Sebagai contoh, iklan di televisi pada saat acara yang sangat digemari oleh masyarakat. Sehingga pada saat acara televisi berlangsung, akan banyak penonton yang menyaksikan iklan yang tersisipkan diantaranya. Contoh lain, iklan di Billboard yang ditempatkan di jalan-jalan utama, yang pasti ramai dilalui pengunjung. Atau contoh lainnya, iklan di radio dengan memilih stasiun radio yang sudah dikenal dan sangat diminati masyarakat tentunya.
2. Promosi yang dilakukan haruslah dikemas secara unik dan menarik (tidak harus nyentrik atau norak lho, he..). Intinya agar pesan yang tersirat di dalam promosi harus sampai ke konsumen, mudah dimengerti dan diingat oleh konsumen. Sebagai contoh, iklan “Memang Tango Enak” (sederhana namun jelas mengiklankan langsung ke produknya), iklan Star Mild versi “Obsesi Sutradara” atau “Obsesi Sutradara” (memang iklan ini tidak langsung mengena ke produknya, namun iklan ini cukup unik dan sebagian besar masyarakat mungkin sudah tahu iklan produk apa itu. Seandainya tidak tahu pun, pasti penasaran ingin tahu deh… ).
3. Apabila kunci pertama (timing sudah tepat) dan kunci kedua (isinya sudah oke), kunci yang lain adalah frekuensi iklan. Semakin sering promosi dilakukan, tentu mau tidak mau, orang akan menyaksikan, melihat atau mendengar, dan apabila ini dilakukan secara kontiniu, maka hasilnya akan lebih efektif. Catatan : Yah… mengenai hal ini tentu terkait dengan anggaran, karena seperti kita ketahui bersama, anggaran promosi itu sangatlah mahal.

Jadi.. kita buat promosi yang unik dan menarik yuuukkkssss…

Tidak ada komentar: