Minggu, 03 November 2013

My New Life..New Journey..(The End)

sambungan...

Senin, 21 Oktober 2013 adalah hari ke-5 aku dan Angel di rumah sakit. Si cantik Angel masih di ruang perina. Menurut dokter, sore hari ini baru akan dicek lagi kadar bilirubinnya. Bila sudah membaik, maka Angel diperbolehkan pulang.

Dan pagi hari seperti biasa, aku mengunjungi Angel di ruang perina. Kulihat di ruang itu, banyak bayi yang juga sedang disinar. Selain mengunjungi, tentu saja aku berniat untuk memberinya asi. Kebetulan kata suster jaga di kamarku, anakku menangis tanda ia haus. Kulihat sudah ada beberapa ibu sedang menyusui bayi mereka masing-masing. Ada pula yang menitipkan botol-botol asi kepada suster untuk diberikan kepada bayi mereka. Hmmhh..bagaimana dengan aku? Memang apa yang akan kulakukan disini? Memberi asi? Asi yang mana?? Hiks.. Kulangkahkan kakiku perlahan dengan penuh rasa tidak percaya diri dan kutemui Angel.

Angel..mama datang nak... Kamu haus ya.. sini mama beri asi. Akhirnya dengan pede kuberikan asi kepadanya.. Beberapa menit berlalu, kumelihat asiku mulai keluar.. hah?? Apa tidak salah lihat?!? Benarkah? Thanks God! Kau dengar doaku.. Aku memang berharap bisa memberikan asi ekslusif untuk anakku, tapi saat itu rasanya aku tidak terlalu muluk-muluk, setidaknya bisa memberikan asi pertamaku (yang kata orang-orang itu namanya kolostrum, yang paling baik untuk dikonsumsi bayi). Selebihnya, aku hanya bisa berusaha memberikan yang terbaik, bila diijinkan Tuhan maka aku akan terus memberikannya...

Tidak berapa lama, Angel sudah menangis lagi, mungkin ia kecewa karena asi yang diharapkan ternyata hanya beberapa tetes saja dariku.. Maap ya nak.. Lalu aku minta suster segera memberi susu tambahan untuknya. Dan...hap..hap..slurpp..napsu sekali Angel minum dari botol susu mungil itu...hehe..

Sore itu, aku menunggu hasil cek bilirubin Angel. Sekitar pukul 18.00, aku diinformasikan suster bahwa hasil bilirubin Angel sudah bagus yaitu 10.5, itu artinya besok bisa pulang..!! Yeay!! :)

Keesokan hari, Selasa 22 Oktober 2013 akhirnya aku membawa Angel ke rumah. Kupertemukan Angel dengan mamaku... Mama sangat senang sekali melihat cucu pertamanya. Haru aku melihatnya.. Yah, bagaimana tidak.. Setelah mamaku terkena penyakit stroke beberapa tahun lalu, semangatnya naik turun cenderung menurun. Aku berharap kehadiran Angel bisa menambah semangat dan melebarkan senyum di bibirnya. Kata ciciku bibir Angel mirip mamaku..hehe.. Omaaa!! (^^,)

Hari pertama Angel di rumah..
Yup..benar sekali kata orang-orang..siap-siap begadang yaaa..!!
Tik-tok..tik-tok..waktu menunjukkan pukul 21.00, 23.00, hingga hari pun berganti.. pukul 02.00, 05.00, dan Angel pun tidak berhenti menangis. Setelah diberi susu, tenang sebentar sekitar 10-15 menit dan ia pun menangis lagi.. Hadeuhh ada apa gerangan?!? Susu sudah, ganti pampers sudah, ac kamar sudah disesuaikan, digendong pun sudah.. Angellll...maapkan mama hampir stress.. hehe.. mama lebay ahh.. ^^

Pagi harinya, sudah pasti, aku teler! Badanku lemas dan tulang-tulangku terasa mau copot. Ditambah jaitan bekas operasi itu masih terasa nyeri, membuatku semakin tidak berdaya. Tapi aku harus tetap semangat, masa baru 1 hari udah mau nyerah.. hehe..

Aku mulai belajar menyesuaikan waktu dengan Angel. Saat ia tertidur aku usahakan ikut tidur dan sehingga saatnya ia bangun, aku sudah lebih siap dan masih bertenaga full.. :)
Tapi itupun tidak mudah. Lucu juga sih, lama-lama aku merasa seperti maling, sebentar-sebentar melirik ke mata anakku yang sedang tertidur, kalau matanya sudah mulai terbuka dan nampak gelisah, aku harus segera membuatkan susu untuknya. Menurut suster rumah sakit, susu sebaiknya diberikan dengan air panas (termos). Itu artinya begitu aku membuat susu, maka tidak bisa langsung diberikan, harus didinginkan terlebih dahulu. Dan saat menunggu susu itu dingin, Angel pun menangis dan seluruh badan tidak bisa diam.. Mmm.. jadi teringat game Tamagochi deh, mirip kondisinya seperti ini yah.. Bedanya, kalau di game itu, bila dinosaurus-nya menangis, sudah dikasih tahu, dia butuh apa. Apakah haus, kedinginan, kepanasan dll. Kalau bayi sungguhan? Tebak-tebak tak berhadiah deh.. hehe..

Dan waktu pun terus berlalu.. hingga tulisan ini aku buat, Angel sudah berusia 18 hari. Hari-hari cuti panjang, kulalui bersamanya. Melihatnya tidur disampingku, merupakan hal terindah dalam hidupku. Sebentar lagi ia berusia 1 bulan, 2 bulan, teruslah kau tumbuh dewasa nak.. Mama akan berikan apapun yang terbaik yang bisa mama berikan. Semoga kau tidak menyesal memiliki mama seperti ini yah.. Sehat dan kuatlah selalu ya nak.. Mama berharap kelak kau menjadi anak yang tegar, mandiri, patuh pada orang tua, menjadi penolong bagi sesamanya, serta yang terpenting takut akan Tuhan.

Semoga tulisan ini masih akan tersimpan hingga kau dewasa dan bisa membacanya. Kisahmu, kisah mama, kisah kita bersama..

Thanks so much untuk keluarga dan teman-teman semua yang selalu support aku selama hamil, melahirkan hingga saat ini dan mungkin seterusnya yah.. (^^,). Jangan bosen yah kalau daku tanya-tanya terus. Special thanks to Siti dan Sandra yang udah ngasih banyak info, Zia dan Reinhard yang ikut nemenin daku melahirkan, ciciku yang sengaja ga ngantor untuk nemenin aku pasca melahirkan, teman-teman sedivisi yang udah bersama-sama mendoakanku secara khusus sehari sebelum daku cuti melahirkan, teman-teman yang udah menjenguk diriku di rumah sakit dan yang selalu memberi semangat dan doanya, thanks to Grace, Mba Debby, Yuni, Fiona, Rony, Eva, Fitri, Ricky, Lala, Roma, Ipink, Lisa, Ruri, Devi, Hero, Lisien, Yenny, Dewi, Elya (thanks yah El, udah sengaja telpon dari Taiwan, ngasih semangat pada malam menjelang daku operasi). Banyak deh, maap ga bisa nyebutin satu per satu..hehe.. makasih yah semuanyaaa...

Angel ceneennng punya tante dan om yang baiiiikkk cekali... Doakan Angel cemoga cepet gede dan cehat teyus yaah... bay-bay.. *bye-bye  (^^,)

* The end *

Tidak ada komentar: